Apa Itu DNS Server dan Segala Hal yang Berkaitan Dengannya

  • 4 min read
  • Aug 22, 2020

Jika Anda berkecimpung di dunia IT dengan perkembangan teknologi yang sudah jauh meningkat dari 10 tahun lalu, tentunya mengetahui secara jelas apa itu DNS server. Terlebih lagi apabila seseorang memiliki keahlian khusus di bidang networking ataupun fronted developer dan segala web hosting nya.

Pengertian DNS Server

DNS memiliki kepanjangan Domain Name System, ditambah kata server yang berarti sebuah sistem dengan permintaan oleh client dalam mengenal alamat suatu domain. Website dikenal memiliki nama-nama unik seperti Google.com atau yahoo.com merupakan contohnya.

DNS server ini sendiri secara harfiah bentuknya mirip seperti database dengan berbagai macam IP dan nama domain yang dapat didaftarkan pada dewahoster. Para pengguna internet tentu tidak mengetahui detail tersebut karena mereka hanya cukup mengingat alamat websitenya saja.

Hal inilah yang merupakan fungsi utama DNS server, yaitu mempercepat proses dari mulai pengetikan nama website hingga halamannya tampil di monitor komputer. Apabila tahap ini tidak ada, maka tentunya semua orang harus mengingat alamat IP dari tiap website dan sudah tentu menyusahkan pastinya.

Cara Kerja DNS Server

Seperti yang telah diketahui, proses ketika seseorang mulai mengakses suatu website pada komputernya memang terlihat cepat dan mudah hingga halaman web tampil di browser masing-masing. Tentunya ini tidak lepas dari bantuan DNS Server dengan segala fungsi-fungsi menariknya.

Secara simplenya ialah ketika Anda ingin membuka sebuah halaman web, sebut saja google.com, maka DNS Server akan mencarikan IP address oleh website tersebut di dalam databasenya. Kemudian menghubungkan PC kepada laman web yang dituju. Terasa semakin jelas mengenai apa itu DNS server.

Ketika telah mengakses sebuah website, maka sistem DNS Server akan menyimpan IP address tersebut dan menaruhnya dalam sebuah cache yang artinya tempat bagi store data sementara pada komputer. Jadi untuk selanjutnya akan memudahkan proses browsing Anda.

Level pada DNS

DNS server tentunya memiliki beberapa level penting di dalam sistemnya. Tingkatan tersebut berfungsi sebagai proses dalam mengenal atau menyimpan IP address pada komputer. Bagi Anda yang biasa mengakses browser dan menyelami dunia maya, maka sudah pasti akan sangat familiar dengannya.

Berikut penjelasan mengenai beberapa level pada DNS :

1.Root Level Domain

Apabila diperhatikan, ketika mengetik sebuah nama website pasti dibatasi dengan adanya titik (.). Inilah yang disebut root level domain, namun posisinya ada di bagian terakhir. Akan tetapi, siapa sangka ternyata ia berada di tingkat tertinggi dalam kasta sebuah DNS. Walaupun tidak banyak dibahas pada beberapa penjelasan mengenai level satu ini, namun bagus untuk dipelajari sebelum mulai mendalami bagian-bagian domain lainnya dalam DNS. Biasanya ia dijadikan satu dengan pembahasan bagian Top Level Domain.

2.Top Level Domain

Level domain sejatinya bisa Anda temukan setiap kali memasukkan alamat sebuah website. Letaknya pada sebuah web address adalah posisi titik terakhir, contohnya seperti www.google.com dan www.academia.edu ,dapat dilihat adanya .com, .edu, atau .org, .gov, .vn, .mx, dan lain-lain.

Top level domain sendiri terdiri dari dua, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) yang berupa domain umum seperti .org, .com, .gov dan lain-lain. Kedua, yaitu Country Code Top Level Domain (ccTLD) dengan artian bergantung kepada nama negara seperti Australia .au, Indonesia .id dan sebagainya.

3.Second Level Domain

Bagian ini masih terdapat pada alamat website, yaitu setelah titik pertama atau kata ditengahnya. Contohnya www.yahoo.com maka second level domainnya adalah Yahoo. Semua ini bisa Anda tentukan ketika mendaftarkan nama web dalam sistem hosting.

Salah satu jasa hosting web terkenal yaitu dewahoster yang diketahui mempunyai tingkat keamanan terjamin dan kecepatan dalam mengakses website. Anda dapat memilih nama unik sesuai keinginan, daftarkan dengan promo-promo tertentu pada website di atas dan miliki domain sendiri.

4.Third Level Domain

Tidak semua website memiliki third level domain ini, karena ia hanya digunakan pada kepentingan tertentu saja. Letaknya di awal alamat web, contohnya seperti maps.google.com atau images.google.com. Seperti yang diketahui, www.google.com adalah laman utamanya sehingga sisanya biasa disebut subdomain.

Dari beberapa contoh di atas, maps dan images digunakan untuk menjelaskan definisi dari masing-masing website namun tetap berada di bawah naungan Google. Karena itu, third level domain sering disebut sebagai subdomain oleh kebanyakan pihak.

5.Hostname

Tidak banyak diketahui namun memiliki makna penting di dalamnya, Hostname terdapat di bagian awal sebuah alamat website. Sebagai pengunjung, terkadang Anda hanya mengetik nama second level domain dan top level domain saja karena dirasa lebih mudah.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah salah satu contoh hostname yang paling sering terlihat dan digunakan. Terdapat juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol), namun sekuritasnya tidak lebih baik dari pada sample pertama.

Manfaat DNS Server

Bagi para pengunjung dunia maya, mungkin manfaat serta penjelasan mengenai apa itu DNS server tidak begitu dirasakan. Namun untuk para penyedia jasa host seperti dewahoster, hal ini sangat membantu dan memudahkan proses mereka. Berikut beberapa manfaat dari DNS Server.

1.Memudahkan dalam Browsing Internet

Menghafalkan angka dalam jumlah banyak bukan perkara mudah. Tahukan Anda dibalik alamat website yang mudah diingat terdapat rangkaian IP dibaliknya? Tentu tidak dapat terllihat karena DNS telah membantu mencatat semua konfigurasi tersebut.

Anda hanya perlu mengingat nama website yang sering dikunjungi dan membukanya melalui browser. DNS telah siap mencatat IP dari laman web tersebut pada cache komputer sejak pertama kali ia dibuka sehingga di kemudian hari dapat menghemat jalannya proses di balik layar.

2.Tidak Berpengaruh Ketika Perubahan IP

Terkadang, terdapat beberapa kondisi yang disebabkan oleh suatu dan lain hal sehingga IP pada sebuah website harus diganti. Hal ini tentu tak dapat dilihat oleh pengunjung ketika membuka laman web tersebut. Namun, itu bukan kendala karena perubahan tidak akan mempengaruhi nama domain.

Para hoster akan melakukan update terhadap DNS dan alamat internet protokolnya sehingga website tetap menggunakan alamat sama. Tentu ini merupakan manfaat yang sangat baik apalagi bagi laman web dengan status traffic tinggi.

3.Sekuritas Terjamin

Jangan khawatir apabila Anda memiliki website dengan traffic transfer informasi penting sebagai alasan pendataan. DNS juga menyediakan keamanan tinggi sehingga data yang dikirim dan diterima bisa terjaga secara baik. Jadi laman web akan tetap terjamin sekuritasnya dan berjalan normal.

Saat ini, banyak sekali kasus pencurian infromasi yang dilakukan oleh hacker demi mengumpulkan pundi-pundi uang mereka dengan cara penipuan melalui telepon ataupun email. Data tersebut dijual bukan hanya dalam negeri namun juga di seluruh dunia dengan harga fantastis.

Itulah ulasan mengenai apa itu DNS Server beserta manfaatnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia domain dan website!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *