Blog dengan WordPress agar SEO Lebih Mantap

  • 4 min read
  • Jul 25, 2022

Dewasa ini banyak yang belum memahami perbedaan antara Blog dengan WordPress. Kebanyakan masyarakat menganggap dua hal tersebut sama saja. Padahal sebenarnya keduanya mempunyai berbagai perbedaan mendasar dalam dunia penerbitan konten artikel di internet.

Perbedaan Mendasar Blog dengan WordPress

Sebagai seorang yang kerap melakukan berbagai aktivitas melalui internet, baik itu keperluan promosi produk, penerbitan berbagai macam artikel dan masih banyak lagi, maka Anda sudah seharusnya paham dengan baik perbedaan antara situs Blog serta WordPress agar tidak salah menggunakannya.

Pada dasarnya perbedaan antara Blog dengan WordPress bisa Anda lihat dari segi hakikat atau tujuan utama kedua istilah tersebut diciptakan. Walaupun terkesan sepele, namun jika tidak dipahami secara benar, maka akan tetap terjadi kesalahpamaham universal hingga puluhan tahun ke depan.

Jika dilihat dari beberapa sudut pandang, maka beda dari Blog serta WordPress dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Blog merupakan sebuah situs yang digunakan untuk menerbitkan berbagai macam artikel. Hal tersebut merupakan induk dari segala jenis platform (termasuk WordPress).
  • Selanjutnya, WordPress merupakan sebuah platform yang digunakan untuk membuat situs Blog.
  • Nah, dapat dikatakan bahwa WordPress merupakan bagian dari Blog itu sendiri.

Kemudahan Blogging Menggunakan WordPress

Ketika Anda memilih platform WordPress untuk membangun sebuah website atau sekedar membuat blog dengan isi konten artikel dengan berbagai tema, maka akan mendapati kemudahan-kemudahan tertentu seperti berikut ini:

1. Adanya Monetisasi yang Menguntungkan Pengguna

Sejatinya, monetisasi merupakan penerbitan iklan dari layanan yang diberikan oleh beberapa pihak terkait. Dalam hal ini, WordPress menerapkan sistem termudah sehingga Anda pun harus betul-betul paham sebelum menentukan akan memilih platform yang mana.

Perlu diketahui juga, di sini ada 2 kebijakan yang berbeda. Untuk situs yang menggunakan WordPress.com ada pembatasan penerbitan konten dan penggunaan iklan harus berasal dari layanan WordAds dengan trafik minimal 200 per harinya.

Namun untuk situs yang menggunakan WordPress.org, pengguna dibatasi dalam menerbitkan konten per hari, tetapi diperbolehkan untuk menggunakan iklan dari layanan apa saja tanpa ketentuan khusus

2. Dari Segi Kualitas Kontrolisasi

Mayoritas pengguna WordPress akan lebih nyaman jika mereka bisa mengontrol atau melakukan perubahan situsnya sesuka hati. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa kepercayaan diri ketika menyalurkan ide dalam proses blogging.

WordPress bersifat open source sehingga memungkinkan penggunanya mengontrol situs secara bebas. Adapun, keuntungan dari kebijakan ini adalah:

  • Mendapatkan update fitur-fitur baru dari WordPress.
  • Melakukan penmabahan plugin dengan mudah tanpa melibatkan bahasa pemrograman.
  • Menambahkan berbagai macam template, gambar dan hal-hal lain semacamnya sesuai keinginan ke dalam situs WordPress milik Anda.

Hal tersebut jika bisa dikombinasikan dengan beberapa platform penyedia layanan hosting terpercaya, sebagai contoh yaitu Dewahoster.

3. Dari Segi Tampilan

Tampilan sebuah platform atau situs yang digunakan untuk berbagi konten tulisan di internet sangat penting. Hal ini harusnya diperhatikan berlebih karena setiap pembaca pasti akan memperhatikan tampilannya terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan berselancar mencari kontennya.

Jika Anda menggunakan WordPress, maka di sana ada ribuan desain template gratis dengan berbagai kategori yang mana pengguna bisa menyesuaikan sendiri terkait dengan kebutuhan serta tema situs. Bahkan penerapannya mudah dan semua tentu saja full color.

4. Dari Segi Penggunaan Biaya

Bagi para blogger atau pengelola website yang masih pemula terkadang memiliki permasalahan terkait biaya pengelolaan situs. Oleh karena itu, mereka pun harus cerdas menentukan sebuah platform sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan anggaran.

Dalam hal ini, pengguna WordPress akan dikenai biaya pembelian hosting serta domain. Awalnya, hal itu memang terkesan cukup mahal, tetapi lama-kelamaan jika Anda bisa mengembangkannya dengan baik, maka biayanya pun semakin tidak terasa dengan output pendapatan luar biasa.

5. Dari Segi Keamanan

Setiap blogger pasti menginginkan keamanan yang tinggi untuk situs mereka. Hal tersebut berkaitan dengan mudah atau tidaknya suatu laman diretas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggunggjawab. Jika menggunakan platform berkeamanan terjamin, maka setiap postingan pun tidak khawatir dicuri.

Terkait dengan hal itu, keamanan di WordPress juga sangat terjamin walaupun tidak langsung dikelola oleh pihak Google. Namun, dalam konteks ini platform tersebut selalu memperbarui scriptnya secara berkala sehingga kemungkinan untuk diretas akan sangat kecil.

7. Pelayanan Sistem Pengiklanan

Dalam layanan sistem pengiklanan, platform WordPress memberikan pelayanan semudah mungkin kepada para penggunanya. Di sini, penerapannya lumayan simpel dan dapat dilakukan melalui berbagai macam platform pilihan.

Untuk WordPress yang sifatnya open source, maka Anda diperblehkan untuk melakukan pengiklanan melalui Google Adsense serta layanan networking lainnya. Keuntungannya sama saja serta tidak akan dilakukan pelarangan oleh Google.

Hal-hal yang Dipersiapkan untuk Membuat Blog dengan WordPress

Saat memutuskan untuk membangun Blog menggunakan platform WordPress, maka Anda harus menyiapkan berbagai macam hal agar situsnya nanti benar-benar bisa terbentuk dengan baik serta dapat menarik minat dari pembaca. Berikut ulasannya:

1. File Instalan WordPress

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah file Instalan WordPress. Hal ini wajib ada karena menjadi sebuah pondasi bagi Anda untuk membangun situs. Jadi, pastikan juga bahwa pengguna sudah bisa menginstalnya.

Akan tetapi, jika masih bingung, maka dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan Anda membuka laman pendaftaran WordPress Di Google.
  • Selanjutnya, masuk ke menu log in member area serta pilih hosting dan domain.
  • Pilihlah hostingnya.
  • Terakhir, instal filenya dengan mengklik opsi “instal”.

2. Plugin

Hal penting selanjutnya yang harus dipersiapkan ketika akan membuat Blog menggunakan platform WordPress yaitu plugin. Ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja situs. Ragamnya sangat banyak dan jika pengguna memilahnya satu per satu, maka memerlukan waktu lama.

Adapun plugin-plugin wajib yang harus Anda instal jika menggunakan platform WordPress yakni:

  • Google XML Sitemaps untuk mempermudah dalam melakukan crawl konten pada situs.
  • Yoast SEO untuk mengoptimasi WordPress dengan mudah.
  • Contact Form 7 untuk melakukan pengaturan tampilan pada WordPress serta menambahkan fitur-fitur lain sesuai dengan keinginan penggunanya.

3. Dashboard dan Tema WordPress

Selain plugin WordPress, dashboard serta tema untuk mendesain tampilan juga harus dipersiapkan dengan matang. Melalui kedua hal tersebut, maka Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam mengelola situs.

Adapun, cara membuka dashboard WordPress dapat dilakukan dengan mudah melalui cara-cara berikut:

  • Tambahkan tulisan “wp-admin” di belakang alamat domain.
  • Lalu, setelah masa pencarian melalui alamat itu, maka akan ditampilakn kotak dialog yang mana Anda harus mengisikan username lengkap beserta password.
  • Jika log in tersebut sukses, maka pengguna akan dialihakn ke halaman baru serta dapat melakukan berbagai aktivitas pengaturan di sana.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai perbedaan dari Blog dengan WordPress dalam ulasan kali ini. Semoga informasi tersebut memberikan manfaat, terlebih untuk Anda yang ingin menjadi blogger.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *