Cara Atasi Connection Not Secure pada Website? Tenang, Solusinya Mudah!

  • 4 min read
  • Sep 05, 2020

Ketika mengakses sebuah website, terkadang halaman memperlihatkan respon eror dengan pemberitahan merah. Apabila ini terjadi, tidak perlu panik karena ada cara atasi connection not secure pada website. Hanya menggunakan beberapa langkah saja, situs bisa diakses seperti sedia kala.

Beberapa Cara Atasi Connection Not Secure pada Website

Laman pencarian terkadang memperlihatkan respon eror, salah satunya “your connection is not secure.” Bila ini terjadi, ada beberapa penyebabnya, salah satunya ialah dikarenakan situs tersebut kurang aman. Jika yakin web tersebut terpercaya namun tidak bisa diakses, berikut beberapa panduan sederhananya:

1. Hapus History

Apabila mengalami kendala saat mengakses sebuah website, maka Anda tidak perlu khawatir karena solusinya cukup mudah, yakni menghapus history browser. Cara menghapusnya sangat simpel, pertama puka halaman pencarian yang digunakan semisal Google Chrome, lalu pilih ikon 3 titik di bagian atas.

Klik ikon itu kemudian tekan menu History. Kemudian, pilih Clear Browsing Data. Pada menu tersebut, silakan memilih All dan dilanjutkan Clear. Lalu, masuklah ke Setting serta carilah Change Proxy. Di bagian Security dan privacy klik level Medium. Ini juga harus dilakukan jika menggunakan layanan hosting dari Dewahoster.

2. Scan Virus

Salah satu cara mengatasi laman pencarian eror saat mengakses situs ialah scan virus komputer. Terkadang, penyebab website tidak bisa diakses dan muncul notifikasi eror ialah karena laptop mengandung malware. Agar Anda dapat mengaksesnya, silakan pindai dahulu menggunakan anti virus.

Scan-lah seluruh program dan tunggu hingga selesai. Ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi bila isi PC lumayan. Kemudian setelah proses pemindaian berhasil dilakukan, coba ulangi membuka situs tersebut. Jika situs tak berbahaya, seharusnya bisa diakses pengguna.

3. Cek Tanggal dan Waktu Komputer

Salah satu cara mengatasi halaman eror ketika diakses ialah mungkin pengaturan laptop kurang akurat. Oleh karena itu, cek bagian tanggal dan waktu. Apabila settingan komputer automatically namun tidak sesuai kenyataan, coba gantilah secara manual dan edit sesuai waktunya.

Setelah itu, ada baiknya Anda close browser yang digunakan dan mencobanya kembali. Apabila situs aman diakses, seharusnya pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa ada pemberitahuan bahwa koneksinya tidak aman (not sure) dan pastikan setingan waktu telah benar.

4. Nonaktifkan Anti Virus

Apabila situs memberikan respot connection not secure, silakan mematikan anti virus terlebih dahulu. Terkadang, penyebab laman tersebut eror dikarenakan pengaturan SSL pada aplikasi laptop. Untuk itu, agar situs tujuan bisa dibuka, cobalah mematikannya sesaat.

Setelah menonaktifkannya, silakan akses kembali menggunakan browser semula. Apabila berhasil, maka untuk sementara waktu matikan software jika mengakses situs tersebut. Ini mungkin sedikit merepotkan, namun SSL pada anti virus menyebabkan terganggunya proses akses ke website tersebut.

5. Private Mode

Jangan bingung mencari cara untuk mengatasi koneksi tidak aman sebab pengguna masih dapat menggunakan private mode. Jika ini digunakan, maka situs secara otomatis takkan bisa mengetahui identitas Anda. Metode itu kerap berhasil sehingga pengguna disarankan mencobanya.

Pengguna akan diuntungkan karena bila private mode ini dilakukan, maka situsnya takkan bisa merekam identitas pengguna. Untuk melakukannya pada komputer, silakan tekan secara bersamaan Ctrl + Shift + N. Selain itu, Anda dapat klik Control lalu pilihlah New Incognito Window.

6. Restart Router

Cara atasi connection not secure pada website cukup mudah. Jika ini terjadi pada layanan Dewahoster, cobalah mematikan router internet yang digunakan. Ini dilakukan apabila koneksi dilakukan menggunakan wifi. Silakan cabut kabelnya sesaat kemudian sambungkan lagi dan lihat reaksinya.

Apabila tidak ada kendala pada situs tersebut, seharusnya web bisa diakses menggunakan jaringan. Jika masih tak berfungsi, coba gunakan metode lain yakni hp. Bila responnya sama, sebaiknya hentikan usaha untuk membukanya, siapa tahu website itu memang berkendala.

7. Hapus Sertifikat cert8.db

Bila cara sebelumnya belum berhasil, mungkin pengguna dapat menghapus sertifikat cert8.db sehingga website bisa diakses. Metodenya cukup mudah, yakni Anda akan menemukannya pada folder profil. Hapuslah sebab siapa tahu itulah yang menjadi penyebab munculnya notifikasi jaringan tidak aman.

File tersebut biasanya dipakai untuk menyimpan sertifikat keamanan. Namun, terkadang piranti lunak tersebut rusak atau eror sehingga dapat menyebabkan kendala ketika akses sebuah situs tertentu. Setelah dihapus maka secara otomatis sertifikat akan diperbarui.

8. Ganti Koneksi Internet

Apabila layar menampilkan respon connection not secure, maka mungkin kendala memang ada pada koneksi pengguna. Jika ini terjadi ketika Anda menggunakan wifi, cobalah mengganti jaringan internet. Cobalah memakai data service atau lainnya lalu perhatikan responnya apakah sama atau tidak.

Penggantian koneksi ini untuk mengetahui apakah kendalanya ada di website tersebut atau jaringan. Jika web dapat dibuka setelah diganti, berarti kemungkinan besar masalahnya ada pada internet sebelumnya. Namun apabila tetap tidak bisa diakses, mungkin situs tersebut memang berbahaya.

9. Menghapus Pesan Eror

Bila cara-cara sebelumnya tidak berjalan lancar pada website, mungkin menghapus pesan eror di browser adalah solusinya. Metode ini mungkin belum banyak dilakukan, namun sudah banyak pengguna berhasil melakukannya. Penghapusan peringatan eror tersebut bisa berdampak baik.

Cara mematikannya sangat simpel, pertama ketikkan Chrome://flags pada laman pencarian. Kemudian tekan Enter, bila muncul kolom maka tuliskan Mark non-secure as non-secure. Selanjutnya, gantilah opsi Default menjadi Disabled. Terakhir, refresh Google Chrome lalu cobalah akses situs tersebut.

10. Memperbaharui Browser

Salah satu metode mengatasi koneksi yang tidak aman pada suatu web ialah dengan memperbaharui browser. Melakukan update ini penting karena jika software kadaluwarsa, umumnya sebuah situs tak bisa dibuka karena memerlukan piranti lunak keluaran terbaru. Jalan satu-satunya ialah mengupdate.

Silakan update terlebih dahulu, selanjutnya coba bukalah lagi website tersebut. Apabila tampilan layar tetap sama, mungkin bisa mencoba metode lainnya. Mungkin kendalanya ada pada komponen lainnya, misal koneksi wifi pengguna.

Pemasangan Sertifikat SSL demi Keamanan

Mengatasi connection not secure memang terkadang tidak mudah, namun ada beberapa metode yang dapat dilakukan. Jika cara pertama tak berhasil, maka disarankan menggunakan panduan lainnya. Adanya opsi ini memudahkan jadi bila langkah pertama kurang sukses, bisa beralih ke lainnnya.

Agar website selalu aman, dianjurkan memasang sertifikat SSL dengan cara memakai layanan dari Dewahoster. Adanya keamanan itu akan membuat web jauh lebih aman dibandingkan sebelumnya sehingga sedikit terhindar dari malware maupun virus.

Selain memberikan keamanan, SSL juga membuat sebuah situs mampu berada di rangking lebih tinggi dari sebelumnya. Ada kemudahan ini bisa didapat apabila Anda menggunakan perusahaan hosting terbaik. Agar tidak kecewa, tanyakan terlebih dahulu keunggulan dan kelemahannya.

Itulah cara atasi connection not secure pada website. Kini pengguna tidak perlu merasa kebingungan lagi jika mengalaminya. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *