Cara Mengecek Plagiarisme yang Tepat dan Akurat

  • 4 min read
  • Jun 24, 2022
Cara Mengecek Plagiarisme

Suatu karya beresiko terkena kasus plagiat jika penulisannya kurang tepat. Untuk menghindari akan hal tersebut, sebaiknya penulis mengetahui cara mengecek plagiarisme. Setelah menulis konten, jangan lupa melakukan pengecekan ini agar Anda tahu seberapa orisinil karya yang dihasilkan.

 

Ketahui Cara Mengecek Plagiarisme Berikut

Cara Mengecek Plagiarisme

Plagiarism ialah salah satu bentuk pencurian karya orang lain. Sengaja maupun tidak disengaja, tindakan itu bisa berakibat fatal karena termasuk tindak kriminal dalam dunia akademik. Agar terhindar dari kasus mengerikan tersebut, ada baiknya Anda memahami cara mudah mengecek plagiarisme.

Sekarang zaman semakin canggih sebab pengecekan plagiarisme dapat dilakukan dalam beberapa detik saja menggunakan internet. Tentu untuk melakukannya memerlukan koneksi berkekuatan baik. Jika jaringan wifi kurang baik, bisa-bisa prosesnya sedikit terganggu.

Cara mengecek plagiarisme tidak sesulit bayangan Anda. Pengguna hanya perlu menyalin serta paste teks tersebut dalam tools secara online. Adanya kemudahan ini memudahkan para penulis, terutama penulis konten artikel. Seperti yang diketahui, writer tentu membutuhkan sumber saat menulis.

Sayangnya, ini dapat memicu terjadinya plagiarism yang tidak disengaja jika penulis kurang bisa mengolah kata. Untuk menghindarinya, silakan lakukan pengecekan menggunakan tools secara online. Penasaran akan hal itu? Silakan simak baik-baik panduannya.

 

Cara Mengecek Plagiarisme dengan SmallSEOTools

SmallSEOTools merupakan salah satu tool yang direkomendasikan untuk mengecek suatu karya apakah mengandung unsur plagiat atau tidak, tidak terkecuali para blogger yang menggunakan layanan dari Dewahoster. Perangkat lunak ini praktis karena bisa diakses oleh siapapun tanpa harus login terlebih dahulu. Berikut adalah panduannya:

1. Buka Situs

Salah satu cara mudah mengecek plagiat sebuah karya ialah dengan menggunakan SmallSEOTools. Situs ini dapat digunakan secara gratis sehingga Anda bisa bebas memakainya. Hal pertama yang harus dilkukan ialah menuju situsnya yakni https://smallseotools.com.

Tampilan websitenya cukup mudah sehingga para pemula yang ingin mengecek tidak akan merasa kesulitan saat memakainya. Di sini pengguna dapat merevisi grammar dari tulisannya. Ini berlaku jika Anda menulis menggunakan bahasa Inggris. Tulisan pun jadi lebih baik berkat tool keren tersebut.

2. Salin Teks

Tahap kedua yang harus dilakukan ialah beralih ke menu Plagiarism Checker. Opsi ini terletak di bagian kanan atas. Klik pilihan tersebut dan tampilan Home akan berubah. Kemudian, scroll sedikit ke bawah hingga Anda menemukan kotak khusus untuk memasukkan teks.

Anda bisa copy dan paste teks itu secara manual. Namun, pengguna dapat mengunduh dokumen berbentuk pdf, doc serta docx. Adanya variasi ini begitu memudahkan penulis yang ingin mengetahui keorisinilan karyanya. Pada tahap ini, pastikan artikel tersalin pada kotak tersebut.

3. Lakukan Pengecekan

Setelah teks tersalin secara sempurna, lalu klik Check Plagiarism yang terletak di bagian bawah kotak. Nah, di sini Anda harus menunggu selama beberapa saat. Durasi pengecekan ini bergantung pada koneksi internet serta seberapa banyak kata dalam wacana tersebut.

Pengecekan ini memiliki batas minimal, yakni 1000 kata. Bila melebihi, maka tidak akan berjalan lancar. Usahakan untuk mematuhinya agar karya dapat dicek. Apabila words terlalu banyak, maka bisa dibagi menjadi beberapa sesi. Jika berhasil, akan terlihat berapa persen unsur plagiat teks milik Anda.

 

Cara Mengecek Plagiarisme Menggunakan Copyscape

Metode kedua yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah artikel mengandung unsur plagiat atau tidak ialah menggunakan copyscape. Tool ini tidak berbayar sehingga masyarakat bisa memakainya tanpa kendala. Berikut adalah panduannya:

1. Buka Website

Salah satu metode terbaik untuk mengecek karya yang sudah diterbitkan ialah membuka website pengecekannya yakni www.copyscape.com. Situs ini canggih karena begitu masuk ke halaman pertama, Anda bisa langsung mengeceknya tanpa perlu klik menu lainnya.

Namun, copyscape hanya diperuntukkan bagi artikel yang telah diterbitkan dalam website. Itu sangat cocok bagi penulis blog bertemakan informatif. Bila ingin mengecek teks secara manual, maka disarankan menggunakan tools lainnya karena situs tersebut tidak menyediakannya.

2. Cek Artikel Anda

Di bagian Home, tepatnya di tengah-tengah layar pengguna akan melihat sebuah tempat meletakkan link website Anda. Pastikan pengguna copy lalu paste blog kesayangan. Selanjutnya, klik Go dan pengecekan akan segera dilakukan dengan cepat.

Pengecekan ini tidak terlalu membutuhkan waktu lama sehingga sangat disukai para penulis blog. Tools itu termasuk alat pengecekan yang mumpuni karena hasilnya cukup akurat. Jika memiliki artikel, jangan ragu menggunakan copyscape untuk melihat tingkat keunikan karya Anda.

3. Dapatkan Hasil Pengecekan

Jika proses pengecekan berakhir, maka secara otomatis akan diinformasikan mengenai keorisinilan artikel blog tersebut. Bila teks itu asli dan unik, maka akan muncul pemberitahuan “no result found.” Tidak adanya info lain ini menandakan bahwa article benar-benar murni buatan sendiri.

Sebaliknya, jika Anda menemukan beberapa alamat website lainnya, ini berarti karya tersebut belum lolos copyscape. Untuk memperbaikinya, pengguna tentu bisa mengedit dan publish ulang di situsnya. Adanya tool itu sangat mempermudah penulis melakukan pengecekan plagiat.

 

Cara Mengecek Plagiarisme dengan Plagscan

Ada banyak cara mengecek sebuah karya melakukan plagiat atau tidak, salah satunya menggunakan Plagscan. Tool ini sangat digemari karena dapat melakukan pengecekan berbagai jenis teks, salah satunya bidang akademik. Berikut adalah panduannya:

1. Buat Akun

Hal pertama yang harus pengguna lakukan ialah menuju situs resminya yaitu https://www.plagscan.com/en/. Kemudian, Anda akan diminta login dan membuat akun terlebih dahulu. Tool ini mengizinkan penggunanya untuk mencoba secara gratis selama beberapa saat.

Untuk mendaftar, silakan klik Register. Kemudian, pengguna akan diminta mengisikan beberapa informasi penting mengenai info identitasnya. Setelah selesai register, Anda baru bisa mengecek karya tulis yang baru dibuat.

2. Pengecekan

Setelah itu, klik Import untuk memasukkan karya tulis Anda. Ini merupakan salah satu metode terbaik karena dapat langsung ditemukan di laptop. Anda pun bisa mengecek link website maupun copy paste secara manual. Adanya banyak cara pengecekan itu membuat Plagscan disukai pengguna.

Setelah upload file, Anda harus tekan Check agar karya tersebut bisa langsung diperiksa secara online. Selanjutnya, pengguna klik Report guna mengetahui hasil pengecekannya. Tool ini direkomendasikan karena selain praktis, dapat digunakan untuk berbagai keperluan di semua artikel yang akan diunggah ke dalam situs dari berbagai hosting (termasuk pengguna oleh Dewahoster)

3. Hasil Pengecekan

Hasil dari Plagscan ini sangat akurat. Usai pengecekan dan pengguna klik Report, maka akan terlihat apakah artikel tersebut murni 100% atau mengandung unsur plagiat. Jika termasuk plagiarisme, maka tulisan akan berwarna merah. Bila itu diklik, secara otomatis mengarahkan ke alamat sumber.

Alamat sumber ini merupakan website yang artikelnya mirip dengan Anda. Agar tidak terjadi tindak plagiarism, sebaiknya edit bahasa artikel sehingga keunikannya 100%. Penulis hanya perlu mengeditnya di bagian tulisan berwarna merah.

 

Demikian beberapa cara mengecek plagiarisme yang harus dipahami. Jika mengetahui motode tersebut, diharapkan Anda dapat menghasilkan karya terbaik dengan keunikan tinggi. Semoga sedikit info ini bisa memberikan pencerahan terutama bagi para penulis blog.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.