Cara Mengetahui IP Komputer dengan Mudah

  • 4 min read
  • Sep 03, 2020

Ketika dituntut untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam satu jaringan, ini dirasa cukup mudah jika memang sudah ahli. Namun, berbeda jauh dengan orang-orang yang tidak menggeluti dunia IT, pasti akan sangat kesulitan. Oleh karena itu, inilah penjelasan tentang cara mengetahui IP komputer yang mudah.

Fungsi Mengetahui IP Address

Hal ini perlu dipahami betul, terutama bagi Anda yang masih belum mengenal baik kegunaan ketika melakukan cek IP Address. Terdapat dua fungsi utama mengapa mengetahui alamat IP menjadi penting.

IP Address menjadi alat identifikasi. Sederhananya, bayangkan suatu perangkat, misalnya komputer merupakan seorang manusia maka alamat IP ialah nama agar bisa dikenali. Apabila Anda ingin mendapatkannya dan masih kebingungan, kunjungi dewahoster sebagai alternatif memilih web hosting.

Kedua, IP Address dianggap menjadi alamat suatu jaringan. Selain menjadi tanda pengenal bagi host, alamat IP bisa memberikan info dari mana komputer tersebut digunakan. Fungsi ini biasanya digunakan untuk perangkat yang terhubung dengan internet.

Mengetahui IP Address Melalui Bing atau Google

Ternyata, kedua platform seperti Google dan Bing tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencari saja, mereka bisa menunjukkan IP Public dari PC Anda. Cara ini merupakan yang paling sederhana dan mudah sehingga banyak orang-orang menggunakannya. Inilah langkah-langkahnya

Pertama bukalah dulu Google ataupun Bing. Keduanya dapat menunjukkan baik IP eksternal maupun public dengan cepat melalui modem sehingga dapat dilihat oleh penggunanya sendiri. Selanjutnya, ketikkan “what is my IP” pada kolom pencarian kemudian tekan enter.

Hasil pencarian yang muncul menunjukkan IP Public. Hal ini bisa dilakukan pada Bing, Google, dan search engine lainnya namun tidak dapat dilakukan di Yahoo. Perlu diketahui bahwa IP Address biasanya diberikan oleh penyedia internet kepada pengguna yang umumnya ditutupi oleh proxy.

Mengetahui IP Address Melalui Router Settings atau Pengaturan Modem

Cara selanjutnya ialah langsung melalui modem internet yang sedang Anda hubungkan ke komputer. Pertama, bukalah halaman konfigurasi untuk memperoleh IP router dan nantinya dimasukkan ke alamat web browser.

Alamat IP eksternal umumnya bervariasi dari modem satu dengan yang lainnya. Namun biasanya terletak di status router, internet ataupun WAN. Saat membukanya, Anda bisa cek buku panduan untuk mengunjungi halaman tersebut.

Setelah masuk ke halaman status router, internet ataupun WAN, biasanya di bagian bawah terdapat kolom bertuliskan “Internet IP Address” atau “Internet Port”. Di situlah alamat IP dari komputer Anda. Umumnya dikelompokkan dalam 3 sampai 4 angka lalu dipisahkan tanda titik, misalnya 199.20.88.07.

Mengetahui IP Address Melalui Command Prompt

Cara yang satu ini ditujukan bagi pengguna perangkat Windows. Mungkin cara mengecek IP Address lewat Command Prompt akan sedikit rumit. Namun, Anda bisa mencobanya pelan-pelan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama bukalah Command Prompt dengan menekan ikon Windows + R kemudian ketikkan cmd di kolom tersedia dan enter. Namun, jika Anda menggunakan Windows 8 ke atas, maka caranya tekan Windows + X.

Selanjutnya, ketikkan ipconfig kemudian enter. Setelah itu, akan muncul koneksi jaringan dari komputer Anda secara keseluruhan. Kemudian carilah sambungan aktif yang bertuliskan Wireless Network Connection atau Local Area Connection. IP Address ditampilkan secara rinci di bawah tulisan tersebut.

Mengetahui IP Address Melalui Network Connection

Selain melalui Command Prompt, Anda juga bisa cek IP Address menggunakan Network Connection dengan lebih mudah. Pertama yang harus dilakukan ialah bukalah menu tersebut di komputer ataupun laptop, agar lebih cepat maka tekan Windows + R kemudian ketik cpl lalu klik tombol enter.

Setelah masuk ke menu Network Connection, klik kanan pada bagian koneksi yang sedang aktif di perangkat Anda. Kemudian pilih Status, opsi ini akan menampilkan status sambungan dari komputer atau laptop. Namun jika menggunakan versi WindowsXP, tekan tombol Support.

Cara mengetahui IP komputer terakhir, bukalah menu Network Connection Details dengan menekan tombol Details maka secara otomatis IP Address dari komputer atau laptop Anda sudah ditampilkan di layar. Cara ini cukup sederhana dan mudah dibandingkan menggunakan Command Prompt.

Mengetahui IP Address bagi Pengguna Linux

Kalau Command Prompt ditujukan untuk Windows, cara ini direkomendasikan bagi beberapa orang yang memakai sistem operasi Linux. Langkah-langkah berikut bisa dipraktikkan saat ingin mengetahui IP Address. Sebelumnya, bisa mengunjungi dewahoster untuk mengetahui informasi dua IT lebih lanjut.

Langkah pertama yaitu buka terminal dengan cara masuk ke Utilities Folder atau klik tombol Ctrl + Alt + T secara bersama-sama. Kemudian, masukkan salah satu dari dua perintah konfigurasi IP, pertama untuk memeriksa IP Address dan kedua merupakan cara yang lebih rumit.

Perintah pertama harus memasukkan password dari administrator setelah menggunakan perintah sudo ip add show. Berikutnya Anda tidak perlu mengetikkan kata sandi jika memakai /sbin/ifconfig. Keduanya akan menampilkan rincian sambungan diikuti dengan IP Address perangkat masing-masing.

Pengertian dan Jenis Alamat IP

Setelah mengetahui berbagai cara untuk melihat IP Address, mungkin Anda yang masih belum paham betul akan kebingungan dengan istilah beberapa jenis IP mulai dari public, private, internal, eksternal dan lainnya. Agar tidak kesulitan memahaminya, inilah penjelasannya:

1. IP Public

IP Public merupakan alamat IP yang dipunyai oleh semua jenis komputer ataupun perangkat lain di dalam satu jaringan dan saling terhubung menggunakan koneksi internet. Kepemilikannya telah diatur oleh berbagai vendor besar seperti Internet Service Provider.

IP Public digunakan pada jaringan yang terkoneksi sehingga bisa diakses hanya dengan melihatnya lewat internet langsung. Penggunaan serta alokasinya sudah diatur oleh Inter NIC agar bisa menjamin pemakaian IP Address tersebut secara unik.

2. IP Private

IP Private merupakan IP yang digunakan berbagai perangkat, salah satunya komputer saling terhubung dan umumnya hanya berskala lokal atau LAN (Local Area Network). Penggunaannya memungkinkan memiliki alamat sama dengan jaringan lainnya.

Jika Anda mendapati alamat sama, itu artinya kedua perangkat terhubung dalam jaringan berbeda dan ini merupakan hal yang biasa terjadi. Itulah mengapa dinamai Private sebab hanya dapat diakses dan dikenali oleh satu skala lokal saja.

3. Alamat IP Dinamis

IP Dinamis merupakan pemberian alamat secara otomatis oleh jaringan public ataupun private yang diberikan kepada komputer maupun perangkat jenis lainnya dan saling terhubung dalam satu jaringan. IP Address disebut dinamis sebab bisa berubah-ubah setiap waktunya.

Pemberian alamat IP Address ini diberikan dari perangkat atau aplikasi sekaligus protokol di dalam suatu jaringan bernama DHCP yaitu Dynamic Host Konfiguration Protocol. Komputer server di sinilah yang berfungsi melakukan aktivasi pada DHCP tersebut.

4. Alamat IP Statis

Berlawanan dengan jenis sebelumnya yang bisa berubah-ubah setiap saat, alamat IP ini diberikan hanya satu kali dan tidak akan mengalami perubahan sama sekali. Inilah alasan mengapa penamaan statis ditujukan pada IP Address tersebut.

IP statis ini merupakan pemberian alamat IP kepada perangkat, salah satunya komputer yang dihubungkan dalam satu jaringan secara manual. Namun, penggunanya harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu mulai dari pengkelasan alamat IP, Subnet, DNS dan Gateway agar memudahkan.

Dengan penjelasan mengenai kegunaan dari IP Address serta cara mengetahui IP komputer, bisa memberi gambaran bagaimana fungsi kerjanya yang dibutuhkan saat menghubungkan beberapa perangkat. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi situs dewahoster.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *