Cara Menjaga Keamanan Website dari Serangan Hacker

  • 4 min read
  • Sep 15, 2022

Pada perkembangan internet saat ini terdapat banyak website yang terus bermunculan. Tetapi, dengan kemajuan teknologi sistem keamanannya sangat rentan tehadap masalah. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana menjaga keamanan website untuk menangggulanginya.

Mengenal Sekilas Tentang Website

Website merupakan kumpulan beberapa informasi seperti tulisan, gambar, foto, video dan jenis lainnya untuk mempermudah seseorang agar mendapatkan pengetahuan. Terdapat beberapa katerogi dalam menggolongkannya yaitu statis, dinamis dan interaktif.

Platfrom ini juga memiliki beberapa unsur yang harus ada di dalamnya, yaitu domain, hosting dan konten. Tanpa ketiganya maka informasi tidak bisa diakses oleh orang lain. Dengan nama yang menarik akan membuat seseorang mengunjungi situs Anda.

Untuk mengakses suatu website dibutuhkan koneksi internet. Oleh karena itu, keamanan harus yang baik agar server tersebut tidak terpapar oleh hacker. Saat tertaut dengan jaringan, sistem sangat rentan dicuri, maka lebih berhati-hati. Oleh karena itu, silahkan berbelanja hosting di Dewahoster.

Beberapa Tips Agar Website Tetap Aman

Kejahatan di dunia maya seperti penyelundupan atau biasa dikenal dengan hack menjadi salah satu bahaya yang sangat merugikan sistem tersebut. Memperketat keamanan sangat dianjurkan agar tidak terjadi penyalahgunaan. Berikut beberapa cara untuk memperkuat keamanannya:

1. Memasang SSL

SSL merupakan layanan keamanan yang melakukan enkripsi antara server dengan pemilik website sehingga data akan terlindungi. Pemasangan aplikasi ini akan mempersulit para hacker untuk masuk ke dalam sistem karena data yang terenkripsi akan teracak dengan otomatis.

Beberapa domain seperti dewahoster menyediakan pemasangan SSL yang dapat mejaga website Anda. Dalam pemilihan layanan, di haruskan paham akan seluk beluk sistemnya. Aplikasi ini efektif sekali untuk mengamankan situs, maka segeralah menginstalnya agar data tetap terlindungi.

2. Rutin update

Beberapa orang atau perusahaan yang memiliki website biasanya enggan untuk update software, hal ini sangat berbahaya karena dapat mempermudah hacker masuk kedalam sistem. Dengan mengupdatenya secara rutin akan menambah fitur-fitur baru sehingga memperkuat situs.

Sistem CMS dan plugin akan memberikan pembaruan dalam jangka waktu tertentu. Server selalu mengirimkan notifikasi sehingga Anda dapat langsung update website dengan mudah. Selalu cek keadaan situs agar terhindar dari serangan hacker.

3. Menggunakan firewall 

Memasang firewall sangat menguntungkan bagi pemilik website. Pada aplikasi tersebut di dalamnya terdapat fitur untuk menyaring bot dan spammer yang dapat mengganggu sistem. Layanan ini juga otomatis memblokir serangan yang dirasa cukup berbahaya.

Dengan memasang layanan tersebut dapat dipastikan website akan aman, karena aplikasi ini menyaring dan memblokir IP Addres lain yang merugikan sistem milik Anda. Maka dalam memperkuat keamanan jangan ragu untuk memasang firewall karena cukup berguna.

4. Backup data secara rutin

Cara menjaga keamanan website selanjutnya yaitu backups data secara rutin agar mengurangi serangan dari hacker yang akan mencuri situs pada sistem. Dengan melakuakannya, maka informasi akan tersimpan dalam keadaan aman.

Dalam backup informasi sebaiknya jangan menggunakan satu server dengan website Anda. Gunakanlah layanan yang dapat menyimpan informasi seperti dewahoster, platform tersebut menyediakan drive cukup besar sehingga mampu melindungi data-data penting.

5. Gunakan Password Rumit

Penggunaan password yang rumit merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan dari website Anda. Gunakan kata-kata susah ditebak agar mempersulit masuknya orang lain kedalam sistem. Hindari menggunakan tanggal lahir dan urutan angka sebagai kata sandi.

Password juga harus diganti sesering mungkin, hal tersebut dapat menimalisir pembacaan data dari orang lain. Dalam penggunaan kata sandi lebih baik menggunakan kombinasi antara angka dan huruf. Setelah menggantipun usahakan untuk selalu dicatat agar tidak lupa.

6. Mengatur Standart CMS

Pengaturan default pada CMS dapat mempermudah serangan hacker, lakukan dengan custom (acak) agar lebih menjaga keamanan dari website Anda. Namun, untuk mengatur CMS hanya bisa dilakukan saat setelah menginstall layanan tersebut.

Saat pertama kali menginstal maka akan secara langsung mendapatkan peraturan default atau secara umum. Maka dapat merubah peraturan seperti file permission, visibilitas informasi, moderasi komentar dan lainnya. Jadi, secepatnya Anda harus mengatur layanan CMS agar website lebih aman.

7. Koneksi Internet Harus Aman

Koneksi internet bisa didapatkan dimana saja seperti kantor, rumah, tempat umum dan lainnya. Pada saat mengakses website sebaiknya Anda melihat lingkungan yang ada di sekitar apakah memiliki jaringan aman. Karena hacker dapat masuk melalui celah tersebut.

Koneksi internet yang digunakan seharusnya memiliki jaringan yang bagus dan stabil sehingga tidak mengganggu Anda saat akan mengakses website. Jika dirasa masih jelek maka dapat menggunakan VPN untuk mempermudah serta bisa melindungi sistem tersebut.

8. Tidak Mengunggah File Ke Website

Untuk menghindari terjadinya pencurian, maka jangan meminta pengguna untuk mengunggah file ke website Anda. Hal tersebut akan mengakibatkan pembacaan informasi oleh hacker dan mempermudah peretasan. Bisa saja data yang diunggah juga memiliki skrip berbahaya.

Jika memang sangat dibutuhkan untuk melakukan pengunggahan file, maka dapat menggunakan server yang aman untuk website seperti SFTP atau SSH. Tetapi juga harus lebih teliti lagi terhadap file masuk dan gunakan domain berbeda.

9. Gunakan Satu Situs Satu Server

Sebagian orang menggunakan beberapa situs dalam satu server yang sama, hal tersebut sangatlah berbahaya. Jika website terjadi masalah maka lainnya akan ikut terpapar, haruslah selalu menjaga dari gangguan agar tidak merusak sistem.

Penggunaan satu situs satu server juga dapat mempermudah dalam memperbaiki sistem. Anda tidak akan bingung jika harus mengganti pengaturan website. Pengamanan juga dapat dilakukan dengan menggunakan domain, seperti milik dewahoster.

10. Menggunakan HTTPS

HTTPS merupakan salah satu layanan keamaan yang ada di internet. Dengan menggunakan ini, hanya bisa berkomunikasi dengan server yang diharapkan. Dengan begitu, orang lain tidak dapat masuk kedalam untuk mengubah informasi di dalamnya.

Selain mengamankan sistem, menggunakan HTTPS juga akan meningkatkan tingkat pencarian informasi yang ada dalam website Anda. Jadi, segeralah berganti ke HTTPS. Dengan ini menjaga keamanan website menjadi lebih mudah.

11. Gunakan Layanan Hosting yang Terbaik

Keamanan dari hosting merupakan hal yang sangat penting saat membuat website. Kesalahan pemilihan dapat mengakibatkan informasi di dalamnya akan mudah diambil oleh para hacker. Dalam menentukan layanan haruslah melihat review orang lain terlebih dahulu.

Salah satu penyedia layanan hosting terbaik yaitu dewahoster yang memiliki fitur-fitur canggih. Dalam pemilihan juga harus terpercaya sehingga dapat melindungi sistem di dalam website pribadi. Jadi jangan salah pilih, karena banyak domain terbaik.

Itulah beberapa cara menjaga keamanan website agar terhindar dari serangan hacker yang dapat meretas sistem di dalamnya. Pastikan Anda selalu memantau informasi tersebut dan saat melakukan pemilihan layanan harus selalu selektif agar mendapatkan domain terbaik.