Kode Warna HTML Lengkap dengan Cara Mengetahuinya

  • 4 min read
  • Jul 25, 2020

Tampilan website terkadang mempengaruhi banyaknya pengunjung untuk membaca informasi di dalamnya, salah satunya dengan perpaduan warna yang unik. Oleh karena itu, temukan kode warna HTML lengkap sehingga bisa memadupadankan dengan menu, tema dan karakteristik dari blog.

Apa Fungsi dari Kode Warna HTML Itu?

Kode ini berfungsi mewakili bermacam-macam warna dengan format tertentu yang dapat dibaca oleh bahasa komputer. Ini biasanya digunakan saat membuat sebuah aplikasi atau website. Contohnya seperti #FF07A atau #F08080 dengan berbagai bentuk dari RGB, HTML, HSL dan Hex.

Pilihan warna tersebut tersedia di dalam collor pallete, hampir di semua aplikasi maupun software menyediakan fitur ini, bahkan Anda juga bisa menemukannya di Microsoft Word. Intinya, kode tersebutlah yang menampikan warna-warna ketika developer tengah mengembangkan temuannya.

Kode warna pada HTML sendiri menggunakan hexa decimal triplets mewakili ketiga warna merah, biru dan hijau. Namun juga bisa menghasilkan yang lain mengombinasikan 16 digit hex code, semakin unik maka lebih rumit kombinasinya. Arti angka 0 adalah terkecil sehingga tidak berwarna.

Berbagai Kode Warna HTML

Setelah mengetahui fungsi dari kode warna HTML untuk mempercantik tampilan website atau platform lainnya, kini waktunya Anda menentukan kode masing-masing. Bagi yang masih pemula dalam web designer dan membutuhkan web hosting, bisa mengunjungi dewahoster sebagai alternatifnya.

Umumnya diawali dengan tagar (#) dan diikuti enam digit setelahnya . Warna Antique white (#FAEBD7); Aqua (#00FFFF); Beige (#F5F5DC); Hitam (#000000); Biru Tua (#0000FF); Violet (#8A2BE2); Coklat (#A52A2A); Coklat Coral (#FF7F50); Abu-abu Tua (#008B8B); Hijau Tua (#006400) Magenta (#8B008B); Hijau Olive (#556B2F); Oranye Tua (#FF8C00); Merah Tua (#8B000); Hijau Laut (#8FBC8F); Emas (#FFD700); Abu-abu (#808080); Hijau (#008000); Berikut hanya sedikit kode warna yang sudah ada, jika Anda ingin menemukannya sendiri ada beberapa caranya.

Berbagai Tools untuk Menemukan Kode Warna HTML Lengkap

Web designer pasti sudah tidak asing dengan berbagai tools yang digunakan ketika menemukan kode baru dalam menciptakan warna unik. Jika dituntut untuk menciptakan berbagai tampilan beragam, maka color picker di bawah ini sangatlah digunakan. Inilah penjelasannya:

1. Instant Eye Dropper

Salah satu tools untuk menemukan berbagai kode ialah Instant Eyedropper dan menjadi paling sering digunakan oleh web designer sebab penggunaanna dikenal cukup mudah. Anda hanya perlu tap ikon di sistem tray kemudian arahkan cursor ke warna yang diinginkan.

Setelah itu Instant Eye Dropper akan secara otomatis mendapatkan kodenya. Agar bisa langsung tersalin maka lepaskan cursor yang tadi ditahan pada suatu warna. Tools ini merupakan salah satu color picker bagi pengguna Windows biasanya digunakan untuk website dan platform lainnya.

2.iDroper

Color picker selanjutnya ditujukan bagi pengguna iOS sebab Instant Eye Dropper hanya digunakan untuk perangkat Windows. iDroper bisa digunakan ketika Anda ingin mengetahui kode warna dari sebuah gambar, foto atau ilustrasi yang diinginkan.

iDroper memang ditujukan bagi pengguna iOS sebab disediakan dalam berbagai format, tidak hanya HTML saja. Caranya sama, cukup arahkan cursor ke gambar atau foto untuk mendapatkan kode warnanya. Beberapa pelanggan dari dewahoster terkadang juga menggunakannya.

3.Eye Dropper

Color picker ini banyak digunakan oleh pengguna sebab bisa diakses hanya lewat browser salah satunya Chrome. Fungsinya juga sama untuk mendapatkan kode dari warna yang ingin Anda gunakan baik dari foto atau gambar lainnya.

Fitur untuk secara otomatis menyalin kode warnanya juga disediakan oleh color picker satu ini. Anda hanya cukup tap menu bertuliskan ekstension lalu klik pada area warna yang diinginkan. Banyak web designer menggunakan tools tersebut sebab sangat mudah ketika diaplikasikan.

4.Khroma

Tools satu ini cukup berbeda dari yang sebelumnya sebab khroma tidak hanya menampilkan kode warna saja. Disediakan dalam website dan mengandalkan fitur Artificial Intelligence, bekerja untuk memberikan kombinasi warna bagi penggunanya.

Saat menggunakan Khroma, Anda harus menentukan bermacam-macam pilihan warna setidaknya 50 jenis. Kemudian tools ini akan memberikan banyak alternatif dari kombinasi tersebut dengan tone senada, setelah itu kode HTML akan ditampilkan.

5.Color Snapper 2

Bagi web designer yang menggunakan perangkat Mac pasti sudah mengetahui toolssatu ini, sebab Color Snapper 2 memang diperuntukkan pengoperasiannya hanya untuk jenis tersebut. Color picker tersebut juga sangat mudah digunakan sehingga layak menjadi rekomendasi terbaik.

Anda hanya perlu tap di bagian warna yang ingin diketahui kodenya. Setelah ditampilkan akan secara otomatis disalin oleh Color Snapper. Selanjutnya bisa digunakan untuk urusan desain dan tampilan membuat website atau aplikasi lainnya.

6.W3 School HTML

Color picker yang ini juga cukup berbeda dari pada jenis sebelumnya sebab dilengkapi fitur agar developer pemula bisa belajar menentukan warna dasar dan menarik. Selain itu, W3 School disediakan dalam bahasa pemrograman cukup ringan sehingga mudah dipahami.

Tools W3 School menyediakan fitur berupa generatir yang memungkinkan penggunanya bisa memilih berbagai warna dasar. Setelahnya, akan ditampilkan kode dan siap disalin. Jika Anda tertarik untuk membuat website dan melakukan hosting, langsung saja kunjungi dewahoster.

Cara untuk Mengetahui Kode Warna Lewat Adobe Photoshop

Kadang masih banyak web designer atau developer lainnya yang menggunakan tampilan internet tertentu sebagai referensi. Cara agar mendapatkan kode warnanya sebenarnya cukup mudah bisa menggunakan Adobe Ilustrator atau Photosop, inilah langkah-langkahnya:

Pertama Anda harus screenshoot gambar yang diinginkan selanjutnya bukalah Adobe Photoshop. Setelah masuk ke halaman awal aplikasinya, cari menu “Color Picker” sehingga akan muncul kotak dialog.

Kemudian arahkan cursor pada gambar yang sudah di screenshoot sebelumnya. Setelah itu, Adobe Photoshop akan secara otomatis menampilkan kode warna dan siap Anda salin untuk memperindah tampilan suatu website atau aplikasi.

Panduan Menggunakan Kode HTML dan CSS

Bagi web designer atau developer sebuah aplikasi yang masih pemula mungkin masih kebingungan bagaimana pengaplikasian dari kode warna tersebut. Memang Anda diharuskan untuk memahaminya terlebih dahulu, berikut langkah-langkahnya:

1.Kode Warna pada HTML Font

Anda bisa menggunakan kode pada saat mempercantik tampilan website dengan cara pemanggilan html color. Ini berfungsi untuk memasukkan beberapa digit tersebut dalam menghasilkan berbagai macam warna pilihan.

Contohnya ketika Anda berkeinginan membuat tulisan berwarna pada HTML dengan menggunakan < font color = “ff07A”>text</font>. Kode tersebut didefinisikan sebagai HEX yang memunculkan warna-warna dasar seperti merah, biru (RGB) dan hijau.

2.Kode Warna pada HTML Background

Perubahan warna background pada sebuah website biasanya memakai Syntac dengan menggunakan CSS. Misalnya Anda ingin memanggil kode warna berupa perintah background color, contoh penggunannya seperti ini <body style=”background-color:#FF07A;”>.

Penggunaan kode ini bergantung dari kebutuhan warna CSS oleh para web designer atau developer dari sebuah website. Jika Anda membutuhkan panduan lengkap dan memerlukan web hosting bisa langsung mengunjungi dewahoster sebagai pilihan terbaik.

Itu tadi penjelasan mengenai panduan kode warna HTML lengkap secara sederhana untuk memperindah tampilan sebuah web. Jika Anda tertarik membuat sebuah website pastikan dulu untuk memahami bagaimana menciptakan desain yang menarik agar menarik minat pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *