Pertimbangkan Ini Sebelum Menggunakan Shared Hosting Atau Uang Anda Hilang

  • 2 min read
  • Jan 10, 2020

Dalam dunia hosting sendiri, ada beberapa jenis server hosting yang tersedia, diantaranya Shared Hosting, VPS, Dedicated, dan Cloud Hosting. Sebelum memiliki hosting, anda terlebih dahulu harus memiliki domain. Apa itu domain? Anda harus mengetahuinya.

Salah satu hosting yang populer dan banyak dipilih adalah Shared Hosting. Shared Hosting dipilih karena diangap lebih ekonomis dan murah. Hosting ini juga dinilai lebih cocok bagi pemula. Apakah iya?

Shared Hosting

Shared hosting seringkali merupakan pilihan terbaik untuk pemula, blogger, dan pemiik situs web pribadi karena harganya murah. Harganya terbilang murah, karena dengan paket hosting bersama, biayanya akan dibagi dengan pengguna lainnya.

Siapa yang cocok menggunakan shared hosting?

Jika anda mendapatkan pengunjung kurang dari 5.000 pengunjung per bulan nya, maka lebih baik anda menggunakan hosting bersama.Nanti,saat website anda telah tumbuh lebih besar dengan pengunjung yang lebih banyak, anda bisa beralih menggunakan server yang lebih kuat.

Kekurangan Shared Hosting

Disamping kelebihannya, shared hosting memiliki kekurangan, diantaranya :

  1. Server Yang Memiliki Area Kontrol Terbatas

    Layanan shared hosting memberikan akses penuh kepada administrator penyedia layanan hosting, sehingga pengguna cenderung memiliki akses terbatas pada server. Akses yang terbatas ini tentu membuat terbatasnya proses kontrol.

  2. Bisa Terjadi Crash

    Jangan heran jika pengguna shared hosting terkadang mengalami crash. Bayangkan saja satu server digunakan oleh beberapa pengguna. Hal ini memungkinkan crash bisa saja terjadi.terlebih jika sedang terjadi traffic,maka kinerja web dan blog akan mengalami gangguan.

  3. Kurangnya Keamanan

    Adanya satu server yang digunakan untuk beberapa pengguna tentu membuat rentan terjadinya penyalahgunaan dan fitur lainnya Jika begini, bisa terjadi resiko keamanan pada server itu sendiri. Tentu sebagai pengguna anda harus waspada.

  4. Terbatasnya Penggunaan Software Lain

    Jika anda ingin menjalankanatau menggunakan software lain, maka anda harus bersabar karena pengguna shared hosting tidak bisa mendapat akses selain software yang ditawarkan penyedia layanan hosting.

Walaupun begitu banyak juga kelebihan shared hosting yang membuat anda harus mempertimbangkannya. Mungkin saja anda pernah menggunakan shared hosting ini dan merasa tidak puas menggunakannya. Jangan buru-buru.

Seperti yang dikemukakan di awal, bahwa biaya shared hosting tentu lebih murah. Selain karena dibagi beberapa pengguna, semakin lama anda berlangganan maka biaya yang dikeluarkan akan semakin sedikit, sehingga sangat cocokbagi pemilik website atau blogger yang memiliki lalu lintas tidak pasti.

Biasanya penyedia layanan hosting terbaik akan menyediakan setidaknya 100GB untuk pemula. Kapasitas ini nantinya bisa ditingkatkan jika anda membutuhkan space yang lebih besar. Plus nya, anda juga akan mendapat ketersediaan cPanel dan SSL.

Singkatnya cPanel akan membantu anda mengontrol website anda sendiri, sehingga pengguna lain tak akan mudah mengambil bagian hosting anda. Jika penyedia jasa hosting tidak memberikan anda akses ke cPanel, sebaiknya anda meminta akses ini.

Hal lain yang cenderung dikhawatirkan saat menggunakan shared hosting adalah privasi karena adanya beberapa website lain yang berada dalam satu server. Inilah yangs eharusnya dipertimbangkan oleh penyedia jasa hosting. Biasanya mereka akan memberikan keamanan terbaik dengan aplikasi antivirus dan firewall yang diberi nama SSL.

SSL sendiri adalah protokol yang melibatkan data secara aman antara pengirim dan penerima, sehingga aksesnya cenderung lebih aman.ini berlaku juga untuk website dimana gambar dan skripnya dimuat di webiste lain.

Itulah sekilas tentang shared hostingdimana anda harus mempertimbangkannya dengan matang dan jangan teburu-buru. Kumpulkan informasi dahulu dan ketahui pertimbangan sebelum membeli hosting agar tidak salah pilih dan membuat anda kehilangan banyak uang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *