Rekomendasi Plugin LMS yang Tepat untuk Program pendidikan Digital

  • 4 min read
  • Sep 23, 2020

Hadirnya internet sedikit banyak telah menggeser proses pembelajaran manual menjadi digital. Baik guru ataupun siswa cukup melakukan browsing dan klik saja. Bahkan, masyarakat di seluruh dunia bisa saling berbagi dan berkomunikasi. Untuk pengguna WordPress, diperlukan plugin LMS khusus agar fitur di dalamnya semakin maksimal. Berikut beberapa rekomendasi plugin LMS tersebut.

Sekilas tentang LMS

Sebelum mengulas lebih jauh tentang jenis-jenis plugin LMS terbaik saat ini, penting kiranya mengenal secara singkat terlebih dahulu tentang LMS. Ini merupakan singkatan dari Learning Management System. Dikenal sebagai salah satu platform dalam dunia pendidikan, khususnya untuk tujuan membantu berbagi atau kursus secara daring.

Plugin LMS disediakan oleh WordPress dalam rangka memaksimalkan fungsi dari platform ini. Dengannya, orang dapat menjalankan website pendidikan secara maksimal dan mengaturnya dengan baik. Namun, ada beragam jenis plugin LMS yang dapat dijadikan pilihan. Penerapannya pun juga berbeda-beda, mulai dari Universitas, sekolah-sekolah, LSM dan lain sebagainya seperti pusat pelatihan.

Rekomendasi Plugin LMS untuk WordPress yang Terbaik Saat Ini

Saat Anda memilih plugin LMS, pastikan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Mengingat antara satu dengan yang lain menawarkan fitur serta keunggulan berbeda. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan pilihan:

1. Plugin TutorLMS

Jika ingin memasang plugin untuk website untuk kursus online, maka plugin satu ini dapat dijadikan pilihan. Khususnya bagi sebuah situs yang terbilang profesional. Di dalamnya, pengguna bisa memilih versi gratis dan pro. Adapun biaya plugin LMS pronya berkisar antara 149 sampai 999 US dolar.

Plugin TutorLMS menyediakan beragam jenis fitur yang akan memaksimalkan sebuah website kursus online. Di antaranya adalah proses mengatur drag and drop yang lebih mudah, jenisnya sudah mendukung integrasi WooCommerce bahkan fiturnya terbilang multiinstruktur serta multi kelas.

Untuk mendapatkan plugin ini, Anda bisa memilih beragam metode pembayaran yang tersedia. Pembelian versi Pro memungkinkan pengguna mendapatkan lebih banyak fitur canggih. Plugin TutorLMS cukup dilirik lantaran keunggulan-keunggulannya.

Di antara keunggulan yang diberikan adalah menawarkan fungsi yang lebih banyak namun harganya terjangkau dibandingkan LMS lain. Selain itu, pengguna juga bisa langsung menggunakan satu dari 13 template sertifikat. Layoutnya pun sangat responsif dan telah didukung oleh email cepat.

2. Plugin WP Courseware

Jenis plugin LMS berikutnya adalah WP Courseware yang sangat menarik untuk website sekolah. Di dalamnya, pengguna dapat memilih paket berbayar yang jenisnya ada tiga. Masing-masing paket dibanderol dengan harga berbeda, namun sangat cocok digunakan bersamaan dengan hosting dari layanan Dewahoster.

Adapun jenis paket tersebut adalah paket Teacher dengan harga $129, paket Professor dengan harga $149 dan terakhir paket Guru dengan harga $199. Paket Teacher hanya bisa Anda gunakan untuk 2 website, sedangkan Professor 10 website dan Guru untuk 25 website.

WP Courseware menyediakan berbagai fitur menarik, seperti Drag and Drop Builder, fitur untuk melindungi konten khusus, proses registrasi peserta secara otomatis dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, plugin satu ini telah terintegrasi dengan berbagai tema pada WordPress.

Untuk Anda yang suka kuis, di WP Courseware juga tersedia aneka jenis kuis. Dengan plugin tersebut, proses penyusunan kurikulum dan juga materi kursus akan semakin mudah. Dengannya, penilaian akan kinerja dan perkembangan siswa dapat dilihat realtime.

3. Plugin LifterLMS

Rekomendasi Plugin LMS terbaik berikutnya adalah LifterLMS. Plugin satu ini tidak kalah mudah untuk dioperasikan. Tidak hanya tersedia dalam versi berbayar, namun juga versi gratis. Jenisnya sangat cocok untuk membuat kursus secara daring.

Untuk yang berbayar, pengguna perlu membayar sekitar $99 sampai dengan $999 setiap tahunnya. Fitur berbayar ini lebih lengkap seperti dapat terintegrasi dengan payment gateway, email pemasaran dan lain-lain. LifterLMS sendiri juga telah terintegrasi dengan WooCommerce.

Beberapa fitur yang dapat dijadikan pilihan pada plugin ini adalah masing-masing anggota bisa mengakses dashboard. Selain itu, ada juga fasilitas Lock yang memungkinkan peserta membuka materi kursus selanjutnya. Menariknya lagi, plugin tersebut telah dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi.

Evaluasi peningkatan pada kursus bisa dirangkum dengan LifterLMS. Proses membuat profil pun semakin mudah. Proses pendaftaran member juga sudah dilengkapi dengan kode aktivasi khusus. Hanya saja, jika kontennya semakin besar maka itu bisa memunculkan masalah tersendiri pada kinerja website.

4. Plugin Sensei

Selanjutnya adalah plugin Sensei yang dikeluarkan oleh Automattic. Dengannya, kursus online akan dapat dikembangkan sehingga lebih baik lagi. Pengguna dapat memilih versi gratis dan berbayar. Harganya sekitar $129 dampai $279 dalam satu tahun.

Plugin Sensei menyediakan berbagai fitur yang terbukti memudahkan, seperti materi khusus serta managemen tampilan menarik, terdapat aneka jenis kuis hingga fitur khusus untuk registrasi peserta. Peserta juga dapat mengunggah dokumen untuk menjawab soal ataupun kuis.

Anda bisa memilih sistem penilaian, apakah menggunakan manual atau otomatis. Untuk guru, juga bisa membuat bank soal dengan mudah. Menariknya, Sensei telah kompatibel dengan WooCommerce. Pilihan template di sini juga terbilang beragam.

Hanya saja, plugin tersebut memiliki beberapa kelemahan di dalamnya. Seperti proses integrasi dengan tema WordPress yang terkadang sulit dilakukan. Untuk Anda yang menginginkan website dengan plugin terbaik bisa memesan di dewahoster. Dijamin puas karena kualitasnya unggulan.

5. Plugin LearnPress

Jika Anda masih pemula dan menginginkan plugin LMS yang mudah, maka LearnPress adalah solusinya. Versi gratis pun juga disediakan. Dengan plugin ini, pengguna bisa menambahkan Add-ons pada fiturnya. Jika ingin menambahkan semua Add-ons, sebaiknya gunakan LearnPress versi Pro dengan biaya $249.

Seperti jenis plugin LMS lain, LearnPress juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Di antaranya adalah bisa dipasang pada lebih dari satu website. Ada pula fitur pengaturan khusus guna menyusun materi, pertanyaan, kursus hingga kuis menarik.

Untuk Anda yang menggunakan versi berbayar, ada berbagai pilihan metode pembayaran. Plugin ini kebetulan juga sudah terintegrasi dengan BuddyPress. Dan menariknya lagi, LearnPress tersedia dalam banyak bahasa, salah satunya adalah Indonesia.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh plugin ini adalah ia sangat kompatibel dengan semua jenis tema WordPress. Namun, website bisa saja melambat jika banyak pengguna yang mengaksesnya.

6. Plugin LearnDash

Jenis plugin lain yang bisa dipilih adalah LearnDash. Selain dapat membuat kursus, Anda juga bisa berjualan dengan plugin ini. LearnDash menawarkan beberapa jenis paket yang dapat dipilih, seperti paket Basic yang dibanderol dengan harga $199. Ada juga Plus Package dengan harga $299 dan Pro Package dengan harga sekitar $369.

Fitur yang ditawarkan oleh LearnDash ini adalah drag and drop builder sehingga proses pembuatan materi kursus menjadi semakin mudah. Ada pula fitur kuis dengan 8 jenis pertanyaan berbeda-beda yang menarik. Pengguna pun juga bisa menggunakan sistem poin dengan plugin tersebut.

Menariknya, LearnDash terbilang sangat resposnsif dari segi tampilan. Dengannya, peserta juga bisa membuat grup khusus. Mereka bisa memberi komentar, menerima tugas hingga memberikan poin. Plugin ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan sehingga selain peserta tidak akan dapat membukanya.

Selain beberapa rekomendasi plugin LMS di atas, ada juga beberapa plugin lain yang bisa dipilih. Untuk mendapatkan hosting, domain hingga plugin yang berkualitas Anda bisa memesan di Dewahoster. Telah terpercaya sejak lama dan terbukti memberikan produk layanan terbaik.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *