Desain Web Keren yang Dapat Memicu Banyak Manfaat

  • 4 min read
  • Apr 06, 2023

Berbicara mengenai perancangan, banyak orang akan menilai dari bentuk yang diperlihatkan. Baik produk di dunia nyata maupun dunia maya memiliki wujudnya masing-masing. Ketika membahas sebuah desain web keren, salah satu yang terlintas adalah tampilan halaman, menu dan penataan konten di dalamnya.

Beberapa Faktor yang Membuat Desain Web Menjadi Keren

Halaman situs merupakan elemen yang terlihat ketika pertama kali mengunjunginya. Tampilannya dapat terlihat sederhana, indah, mewah, mengandung unsur seni dan sebagainya. Semua ini bukan tanpa sebab hadirnya desain web keren tersebut. Ada beberapa faktor sehingga rancangannya terlihat unik.       

Penggunaan template memberi pengaruh terhadap rancangan suatu website. Pada umumnya disediakan secara gratis maupun berbayar. Pengguna hanya cukup menerapkan pada situsnya secara mandiri atau meminta bantuan orang lain. Meski tidak harus merancang dari awal, web tersebut dapat terlihat keren.

Desain web menjadi keren juga disebabkan oleh pengerjaan suatu layanan atau perancang handal sehingga tampilannya memperlihatkan sebuah ‘karya’. Salah satu contohnya dapat dilihat pada situs dewahoster sebagaimana bersifat ramah pengguna, responsif disertai gambar yang menarik.

Elemen-Elemen Penting dalam Merancang Desain Web Keren

Seperti diketahui bahwa hadirnya sebuah web keren bukan tanpa campur tangan penggunanya. Setiap proses yang berjalan pada akhirnya memberi tampilan situs dengan desain indah, menarik dan inspiratif. Tidak jarang ada user lain yang menggunakan konsep serupa sehingga terlihat unsur kemiripannya.

1. HTML

HTML merupakan bahasa pemrograman paling sederhana ketika merancang sebuah web. Perannya memberi tampilan menarik serta fungsi tertentu yang dapat dipahami pengunjung. Perancang web atau programmer biasanya akan memodifikasi atau menerapkan kode HTML ketika melakukan desain.  

Lewat pengkodean dengan bahasa HTML, perancang dapat mengatur lebar halaman, posisi menu, menyisipkan gambar, menentukan margin dan fungsionalitas lainnya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengerti dasar-dasar pemrograman tersebut agar tahap desain dapat dilakukan.

2. Pengaturan Template

Website dapat terlihat keren dan terstruktur rapi apabila pengguna memahami cara mengatur tata letak. Pada umumnya, blogspot dan WordPress menyediakan fitur ini agar user dapat menata seperti apa rancangan yang diinginkannya. Aspek ini berguna memperlihatkan esensi keindahan pada sebuah situs.

Elemen pengaturan tata letak halaman ini dapat dikatakan bahwa pengguna hampir tidak perlu melakukan pengkodean. Cukup dengan menggeser elemen-elemen widget, label, konten dan menu dengan posisi yang sesuai. Cara tersebut dapat dijalankan ketika user menggunakan blog.  

3. Layout

Elemen penting agar sebuah web terlihat keren adalah hadirnya layout. Pengguna dapat  memperhatikan penyusunan komponen rancangan sehingga memudahkan pengunjung ketika mencerna aliran informasi. Pertimbangkan keseimbangan layout dan hierarki secara menyeluruh.

Susunan layout umumnya dimulai dari bagian atas, bawah, kiri kemudian kanan. Sebagai contoh dapat dilihat pada situs dewahoster yang menerapkan cara serupa. Supaya lebih mudah dipahami, berikut unsur penting dalam menerapkan elemen website tersebut:

  • Atur aliran informasi konten atau menu supaya mudah ditelusuri oleh pengunjung.
  • Susun elemen dengan menentukan tingkat prioritas mulai dari “paling penting”, kemudian “penting” dan “kurang penting”.
  • Periksa keseimbangan susunan layout tersebut.
  • Letakkan postingan utama pada sisi sebelah kiri sedangkan menu sidebar menu di posisi kanan. Sebab pengunjung ketika membaca akan dimulai dari ‘kanan ke kiri’.

4. Ruang Kosong / White Space

White space berguna dalam membantu pengunjung untuk mengelompokkan data. Pada dasarnya, istilah rancangan web ini tidak banyak orang mengetahuinya. Ruang kosong disediakan untuk memisahkan antara satu sesi dengan sesi lainnya. Bahkan dapat dilihat ketika visitor menggulung layar ke bawah.

Website pada umumnya berisi konten informasi, berita dan penjelasan. Supaya informasi tersebut dapat dimengerti dengan baik oleh pengunjung, hadirnya white space dapat digunakan sebagai jeda. Fungsi-fungsi lain dari elemen ruang kosong ini antara lain:

  • Sebagai pemisah untuk setiap elemen web yang dirancang.
  • Memberi fokus terhadap elemen yang diprioritaskan.
  • Konten atau teks dapat dibaca secara menyeluruh tanpa terlewat.
  • Menghadirkan layout dengan sisi seimbang.
  • Menunjukkan kesan website lebih bersih dan rapi.

5. Font atau Huruf

Prinsip dalam menentukan huruf ketika merancang sebuah web sedikit berbeda dengan penerapannya pada media cetak seperti pamflet, buku, brosur dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan ketika membaca konten website melalui layar perangkat, mata pembaca lebih mudah lelah.

Penggunaan font yang tepat akan memberi kesan dekoratif terhadap isi suatu web. Apabila pengguna ingin memberi nuansa resmi, elegan dan klasik dapat menggunakan tipe huruf seperti Times New Roman, Georgia, Cambria dan Garamond. Konten berita, buku dan surat kabar cocok untuk tipe huruf ini.

6. Warna / Colour

Dalam menerapkan warna pada suatu web, perlu memperhatikan kaidah yang sesuai untuk disuguhkan kepada pengunjung. Sebab website bukan kanvas disertai objek lukisan. Dalam hal ini, pengguna menyampaikan informasi kepada visitor bukan mengurangi rasa nyaman mereka.

Konten adalah elemen penting untuk mendapatkan perhatian pengunjung. Itulah sebabnya disarankan mengatur warna seperlunya saja. Penerapan yang tepat dapat dilihat pada situs dewahoster sebagaimana tidak menutupi isi maupun penjelasan tertulis sebab dapat terbaca dengan jelas.

7. Navigasi

Navigasi bagaikan petunjuk jalan dalam memudahkan pembaca ketika mencari kategori konten secara spesifik yang berhubungan dengan konteks informasi. Misalnya pada toko online berbagai produk memiliki klasifikasinya masing-masing. Visitor dapat menelusurinya lewat menu atau fitur pencarian.

Pada prakteknya bentuk penelusuran dibagi menjadi dua tipe yakni navigasi liner dan navigasi bertumpuk. Apabila pengguna ingin memberi kesan keren terhadap situsnya, pengguna dapat menerapkan elemen ini melalui beberapa tips berikut:

  • Posisikan Navigasi pada bagian paling atas layout. Dapat di atas maupun di bawah Header.
  • Gunakan menu dropdown untuk memecah topik induk dengan subtopiknya.
  • Terapkan navigasi linier untuk menu dengan posisi sejajar pada satu baris.
  • Terapkan navigasi bertumpuk apabila ingin menghemat penggunaan ruang sisi atas halaman web.
  • Bentuk klasifikasi berdasarkan topik utama dan subtopik yang menyertainya.
  • Terapkan satu baris navigasi untuk memberi pengalaman pengguna terbaik.

8. Kolom Pencarian

Betapa bingungnya apabila pengunjung sama sekali tidak disediakan fitur pencarian. Sangat tidak efektif jika harus menelusuri semua konten yang ada di situs tersebut. Visitor pada akhirnya tidak betah dan justru beralih ke website lain. Sebab bagi mereka terlalu ribet proses menemukan topik sesuai keinginan.

Fitur pencarian sangat bermanfaat ketika diterapkan untuk mencari domain seperti pada situs dewahoster. Berbagai pilihan disediakan baik domain Indonesia maupun Internasional untuk melengkapi website pengguna.  

Demikianlah pembahasan mengenai desain web keren yang perlu memperhatikan berbagai elemen agar dapat diatur dengan baik dan bersifat user friendly. Hal ini akan memberi kesan nyaman kepada pengunjung sehingga betah untuk berlama-lama mengunjungi website tersebut.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *