Panduan CPanel untuk Pemula! Anda Harus Paham

  • 4 min read
  • Jun 24, 2022
Panduan CPanel untuk Pemula! Anda Harus Paham

Jika Anda sedang mempelajari seluk beluk website maka ada beberapa istilah untuk dipahami. Bisa dipelajari melalui mentor langsung pada pakarnya atau belajar mandiri melalui internet. Salah satunya ialah membaca mengenai panduan CPanel pemula dengan bahasa ringkas.

Apa itu Cpanel?

Panduan CPanel
Panduan CPanel untuk Pemula! Anda Harus Paham

CPanel merupakan salah satu komponen penting dalam mengelola serta mengoptimasi website berupa control panel dalam hosting yang paling populer. Penggunaannya untuk mengatur laman, membuat email account, memanajemen konten dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengakses ke CPanel membutuhkan nama pengguna beserta kata sandi. Keduanya diperoleh dari pihak penyedia layanan hosting pilihan Anda (misalnya dari Dewahoster). Namun, jika terjadi kendala maka hubungilah penyedia jasa tersebut.

Panduan Mengoperasikan CPanel

Setelah mendapatkan username serta password CPanel dari penyedia hosting pilihan, maka Anda dapat langsung masuk. Berikut beberapa panduan singkat mengenai pengoperasiannya berupa perkenalan fitur serta cara menggunakannya:

1. Masuk ke Akun CPanel

Sebelum melakukan berbagai pengaturan tentu Anda harus masuk telebih dahulu ke akun CPanel. Caranya ialah dengan mengetik alamat website diikuti dengan “/cpanel” di bagian belakang tanpa tanda petik.

Selain itu, juga bisa masuk melalui cara dengan mengetikkan alamat website diikuti dengan “:2082” atau “:2083” di bagian belakang tanpa menyertakan tanda petik. Tunggu beberapa saat hingga berhasil login menuju dashboard CPanel Anda.

2. Mengenal Tampilan CPanel

Setelah sukses masuk ke akun maka Anda akan melihat halaman utama CPanel yang berisi beberapa fitur untuk melakukan berbagai pengaturan. Secara garis besar terbagi menjadi 4 bagian utama, yaitu atas, bawah, kanan dan kiri.

Di bagian atas terdapat kolom untuk melakukan pencarian, manajemen akun, pemberitahuan, serta akses untuk keluar. Sebelah kiri atau left sidebar merupakan opsi home dan user manager. Pada kebalikannya yaitu Right sidebar tempat general information juga statistics.

3. Mengubah Tampilan Preference

Preference merupakan tempat dimana Anda dapat melakukan berbagai perubahan terhadap akun CPanel seperti mengganti kata sandi, memperbarui info mengenai kontak, menambahkan pengguna baru, mengubah bahasa yang digunakan serta style dari tampilan.

Penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan menuju ke bagian utama pada opsi preference. Terdapat beberapa ikon beserta namanya yang akan memudahkan Anda dalam melakukan perubahan dan pengaturan.

4. Mengatur Akun Email

Salah satu panduan CPanel pemula tentu membahas tentang melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan email termasuk membuat akun, mengatur opsi forwarding, filter, serta memberikan perlindungan pada surat masuk berjenis spam.

Langkah pembuatan akun email pada CPanel hampir sama dengan lainnya, hanya berbeda pada domain yang digunakan. Anda akan menggunakan nama website milik sendiri sehingga terlihat lebih profesional dan personal.

5. Mengatur Webmail

Setelah akun email dengan domain Anda sudah terbuat, sekarang saatnya mempelajari mengenai webmail yaitu alamat surat elektronik tersebut. Dapat diakses dengan mengetikkan alamat laman kemudian diikuti dengan “/webmail” di bagian akhir tanpa tanda petik.

Selanjutnya akan terdapat tampilan untuk masuk ke akun email Anda dengan memasukkan nama pengguna beserta kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya. Lakukanlah berbagai perubahan untuk memudahkan dalam mengaturnya seperti aplikasi default-nya.

6. Memanajemen Domain

Sesuai namanya, pada fitur domain Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti menambahkan, menghapus, dan merubah. Sebagai catatan, penambahan bisa dilakukan jika penyedia hosting seperti dewahoster memberikan fasilitas tersebut.

Untuk menambah domain pilihlah opsi addon kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya. Sedangkan, menghapus, merubah, juga mengatur redirection dapat dilakukan di bagian modify addon domain.

7. Mengelola File Website

Untuk mengelola file Anda dapat melakukannya di bagian “Files” seperti mengunggah, mengatur File Transfer Protocol, pemakaian disc, serta mencadangkan laman dan lain-lain. Terdapat dua cara dalam melakukannya yaitu melalui file manager serta FTP account.

File manager memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan pengaturan tanpa harus memasang aplikasi tertentu serta lebih gampang pengoperasiannya. Sedangkan FTP account mengharuskan Anda untuk login terlebih dahulu melalui opsi tersebut.

8. Membuat Shortcut CPanel di Desktop

Jika Anda ingin mempercepat kinerja saat mengoptimasi laman bisa dilakukan dengan cara membuat shortcut yang dapat dibuat di layar utama desktop. Cara melakukannya pun cukup mudah yaitu melalui akun CPanel dari hosting pilihan,seperti dewahoster.

Masuklah ke bagian Preferences kemudian carilah opsi shortcuts. Silahkan klik kemudian ikuti langkah selanjutnya yaitu dengan memindah sembari ditahan ke daerah desktop Anda. Pastikan untuk melakukan sebanyak dua kali masing-masing untuk CPanel dan juga Webmail.

9. Mencadangkan File Website

Melakukan pencadangan terhadap file tentu sangatlah penting untuk menghindari terjadinya kehilangan atau pencurian data. Begitu juga mengelola laman, Anda harus melakukannya. Di CPanel dapat dilakukan dengan memilih opsi backup wizard pada bagian Files.

Terdapat dua opsi pencadangan yaitu keseluruhan maupun hanya beberapa bagian penting saja. Pilihlah tempat penyimpanan yang aman seperti pada penyimpanan external atau flashdisk sehingga dapat diakses kapan pun melalui berbagai media apa saja selain milik Anda.

10. Mengembalikan File Website

Selain mencadangkan, Anda juga bisa melakukan pengembalian atau restore beberapa file dari laman. Hal ini dapat diakses di bagian “Files” kemudian pilih opsi “Backup Website” kemudian pilihlah “Restore”. Cara ini hampir sama dengan langkah backup di atas.

Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada pilihan jenis pengembalian yang hendak dilakukan yaitu “Home Directory”, “MySQL Databases”, serta “Email Forwarders and Filters”. Kemudian pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan lanjutkan sesuai dengan perintah.

11. Menginstal Aplikasi

Melakukan pengaturan mengijinkan Anda untuk memasang aplikasi seperti WordPress, Joomla, dan lain sebagainya. Dapat dilakukan melalui opsi “Software. Pilihlah “softaculous Apps Installer”. Durasi pengerjaannya bisa sangat cepat tergantung pada koneksi internet.

Setelah mengklik opsi tersebut akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang dapat Anda unduh seperti WordPress, Joomla, Prestashop, SMF dan lain-lain. Pilihlah sesuai keinginan kemudian ikutilah langkah-langkah selanjutnya seperti mengisi beberapa data.

12. Keluar dari Akun CPanel

Setelah selesai melakukan pengaturan pastikan untuk keluar dari akun agar terhindar dari berbagai tindakan yang tidak diinginkan. Anda dapat melakukannya dengan memilih opsi logout yang terdapat di bagian atas kanan.

Selain itu, demi keamanan pastikan pula untuk mengganti kata sandi secara berkala terlebih jika Anda sering mengaksesnya di beberapa perangkat. Hal ini tentu untuk menghindari terjadinya pencurian data yang tentunya sangat merugikan.

Bagi Anda yang baru belajar mengoptimasi laman tentu membutuhkan panduan CPanel untuk pemula agar tidak kebingungan saat melakukan berbagai modifikasi. Selain itu, dengan menggunakan hosting dewahoster tentu akan dibantu jika terjadi permasalahan tertentu.

Demikian tulisan singkat mengenai panduan CPanel pemula yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan dalam mempelajari salah satu komponen untuk optimasi laman daring. Pastikan untuk memperkaya referensi dengan membaca dari sumber yang kredibel dalam menjelaskan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.